Bab. I Pendahuluan Manajemen

PENDAHULUAN MANAJEMEN
Dosen Ni Putu Nurwita Pratami, S.M.B., M.M.

Tujuan pembelajaran materi ini adalah:

  1. 1.      Describe what management is, why management is important, what managers do, and how managers utilize organizational resources efficiently and effectively to achieve organizational goals.
  2. 2.      Distinguish among planning, organizing, leading, and controlling (the four principal managerial tasks), and explain how managers’ ability to handle each one affects organizational performance.
  3. 3.      Differentiate among three levels of management, and understand the tasks and responsibilities of managers at different levels in the organizational hierarchy.
  4. 4.      Distinguish between three kinds of managerial skill, and explain why managers are divided into different departments to perform their tasks more efficiently and effectively.

What is Management:

Sebenarnya manajemen memiliki arti yang sangat luas tergantunng dimana kita meletakan kalimat management tersebut, bisa berhubungan dengan akuntasi, organisasi, pribadi, dll.

Mary Parker said that management is the art of getting thing through other people

  • Management is the art of getting thing through people (Mary Parker Follet)
  • All managers work in organizations
  • Organizations – collections of people who work together and coordinate their actions to achieve a wide variety of goals

The planning, organizing, leading, and controlling of human and other resources to achieve organizational goals effectively and efficiently

–     Resources include people, skills, know-how and experience, machinery, raw materials,
computers and IT, patents, financial capital, and loyal customers and employees
 

A person whose responsible for supervising the use of an organization’s resources to meet its goals -> Managers

Four Fucntion of Management:

  • Planning: proses menetapkan tujuan yang ingin dicapai dimasa yang akan datang dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Organizing: menajemen berusaha untuk menyusun dan membagi tugas-tugas yang perlu dikerjakan
  • Leading (directing/actuating): proses mengelola aktivitas harian (day-to-day activities) dan memelihara agar organisasi berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Controlling: proses untuk menyakinkan bahwa hasil yang dicapai sesuai rencana. 

Manajemen dalam sebuah organisasi/perusahaan mempunyai jenjang (level) yang berbeda. Perbedaan jenjang menunjukkan perbedaan tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya. Terlepas dari jenjangnya, seluruh manager melakukan fungsi-fungsi seperti diatas.

Level of Management

 Seperti yang telah dibahas pada fungsi manajemen dipoint atas, menurut T. Hani Handoko (1997:17), manajer memiliki level atau tingkatan dalam sebuah organisasi, yaitu Top Management (manajer puncak) Middle Management (manajer menengah) dan Lower Management (manajer lini).

  1. Manajer lini (lower management)

Tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional.

Dalam perusahaan manajer ini biasa disebut :

Kepala atau Pimpinan (leader), mandor (foreman), dan penyelia (supervisors).

  1. Manajer menengah (middle management)

Manajer menengah ini membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lini lainnya dan kadang-kadang juga membawahi karyawan operasional. Dalam perusahaan manajer ini biasa disebut :

Manajer Departemen atau Kepala Pengawas (Superintendent).

  1. Manajer puncak (top management)

Manajer puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi.

Dalam perusahaan manajer ini biasa disebut :

Direktur, Presiden, Kepala Divisi, dan lain sebagainya.

  • Chief executive officer (CEO) is company’s most senior and important manager
  • Central concern is creation of a smoothly functioning top-management team

–     CEO, COO, Department heads

 Jika kita bedakan kembali manajer menurut untuk mana mereka bertanggung jawab, menurut T. Hani Handoko (1997:17), yaitu manajer umum dan manajer fungsional.

Manajer umum mempunyai tugas mengatur, mengawasi dan bertanggung jawab atas satuan kerja keseluruhan atau divisi operasi yang mencakup semua atau beberapa kegiatan-kegiatan fungsional satuan kerja (T. Hani Handoko (1997:20)).

Sedangkan manajer fungsional mempunyai tanggungjawab hanya atas satu kegiatan organisasi, seperti produksi, pemasaran, keuangan, kepegawaian (personalia) atau akuntansi. (T. Hani Handoko (1997:29)).

Relative Amount of Time That Managers Spend on the Four Managerial Functions

Keterampilan Manager

Robert L. Katz pada tahun 1970-an mengemukakan bahwa setiap manajer membutuhkan minimal tiga keterampilan dasar.Ketiga keterampilan tersebut adalah:

  1. Keterampilan konseptual (conceptional skill)

Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide serta konsep tersebut kemudian haruslah dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu. Proses penjabaran ide menjadi suatu rencana kerja yang kongkret itu biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau planning. Oleh karena itu, keterampilan konsepsional juga meruipakan keterampilan untuk membuat rencana kerja.

  1. Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill)

Selain kemampuan konsepsional, manajer juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya. Dengan komunikasi yang persuasif, bersahabat, dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan, baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun bawah.

  1. Keterampilan teknis (technical skill)

Keterampilan ini pada umumnya merupakan bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah. Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan lain-lain.

Skill Type Needed

Managers Roles
(Managerial behavior – Henry Mintzberg)

  • Interpersonal roles

Roles that managers assume to provide direction and supervision to both employees and the organization as a whole.

–     Figurehead—symbolizing the organization’s mission and what it is seeking to achieve.

–     Leader—training, counseling, and mentoring high employee performance.

–     Liaison—linking and coordinating the activities of people and groups both inside and outside the organization.

  • Informational roles

Roles associated with the tasks needed to obtain and transmit information in the process of managing the organization.

–     Monitor—analyzing information from both the internal and external environment.

–     Disseminator—transmitting information to influence the attitudes and behavior of employees.

–     Spokesperson—using information to positively influence the way people in and out of the organization respond to it.

  • Decision roles

Roles associated with methods managers use in planning strategy and utilizing resources.

–     Entrepreneur—deciding which new projects or programs to initiate and to invest resources in.

–     Disturbance handler—managing an unexpected event or crisis.

–     Resource allocator—assigning resources between functions and divisions, setting the budgets of lower managers.

–     Negotiator—reaching agreements between other managers, unions, customers, or shareholders”.

Sumber:  Materi modul merupakan materi-materi yang diambil dari buku-buku dibawah ini:

  • Cotemporary Management, Gareth R. Jones & Jennifer M. George
  • Pengantar Manajemen, Sri Wiludjeng SP
  • Manajemen, T. Hani Handoko
  • Manajement, James AF. Stoner
  • Management, Robbin and Coulter

Latihan Soal:

  1. Jelaskan hubungan antara manajemen dan manajer?
  2. Jelaskan apakah setiap level managemen memerlukan semua kemampuan skill yang harus dimiliki seorang manajer?
Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *